Tutorial Linux : "man" Alat Yang Menampilkan Rincian Fungsi Dari Suatu Perintah

Setelah kita belajar banyak tentang perintah-perintah  dasar linux pada artikel-artikel sebelumnya, tentu perintah-perintah tersebut hanya menerangkan beberapa fungsi atau hanya hal mendasar saja dari sebuah perintah yang  telah kita bahas. 


setiap perintah tentu saja mempunyai flag-flag atau opsi tambahan atau yang biasa disebut dengan argument tambahan yang gunanya adalah untuk mengatur prilaku dari sebuah perintah dan fungsi flag itu sendiri memiliki variasi tergantung pada perintah yang digunakan.ada beberapa fungsi umum dari sebuah flag atau argument tambahan  yang harus kita ketahui diantaranya adalah :

 Mengontrol output 

Fungsi flag atau argument yang biasa digunakan adalah untuk mengatur format atau tampilan output dari sebuah perintah, seperti contoh  yang adalah flag "-l" pada perintah "ls".  flag ini digunakan untuk menampilkan detail secara lengkap dari sebuah file  ataupun direktori.

 Mode Operasi 

Flag tipe ini biasa digunakan sebagai mode operasi dari sebuah perintah, seperti contoh adalah flag "-r" pada perintah "short", flag ini biasa digunakan untuk mengurutkan data secara tebalik.

 Filtering / Seleksi 

Flag jenis ini biasa digunakan untuk memilih suatu entitas (file ataupun direktori)  tertentu didalam sistem, seperti contoh flag "-i" pada perintah "grep", flag ini digunakan untuk mencocokan teks secara case-insensitive. 

 Perubahan prilaku 

flag atau argument jenis ini biasanya digunakan untuk merubah prilaku dasar dari sebuah perintah, seperti hal nya flag  "-f" pada perintah "rm" yang digunakan untuk memaksa penghapusan file tanpa konfirmasi.

 Debugging atau informasi  tambahan

Beberapa  flag menyediakan informasi tambahan atau detail debug seperti contoh flag "-v" pada beberapa perintah , ini akan menampiilkan output secara verbose (detail atau terperinci).


Dan untuk mengetahui secara detail flag-flag atau argument dari setiap perintah yang ada pada sistem linux adalah menggunkanan perintah "man".


Fungsi "man"

$ man ls
Perintah "man" merupakan singkatan dari kata "manual",  perintah ini digunakan untuk menampilkan informasi atau dokumentasi dari sebuah perintah dalam Linux.  Pada saat anda mengetikan perintah "man" yang di ikuti dengan nama perintah yang ingin anda ketahui rincian dokumentasi nya. maka otomatis sistem akan menampilkan sebuah file yang berisikan detail lengkap cara menggunakan perintah tersebut beserta rincian flag-flag atau argument yang bisa  digunakan. 



Manual biasanya terbagi menjadi beberapa bagian, misalnya : 

NAME 
bagian ini akan menampilkan nama perintah dan fungsinya.

SYNOPSIS
Bagian ini biasanya memberikan ringkasan atau ikhtisar dari sintaks dan opsi dari sebuah perintah.

DESCRIPTION
Bagian ini akan menjelaskan secara lengkap kepada anda rincian dan maksud dan kegunaan dari perintah 

OPTION
Menampilkan opsi dari perintah

dan lain sebagainya


Smoga bermanfaat. 




Subscribe to receive free email updates: