Perhitungan Komputasional (komputasi) Adalah Perhitungan Menggunakan Komputer

 


Teknik menghitung merupakan bagian yang tak terpisahkan dari perkembangan peradapan manusia. pada dunia modern saat ini, para peneliti belum bisa menemukan siapakah yang pertama kali menemukan tehnik menghitung, nama  menurut sejarah islam yang pernah tercatat di dalam Al-Qur`an ataupun literatur arab baik yang didukung oleh manuscript kuno mencatat bahwa yang pertama kali mengajarkan ilmu pengetahuan ialah Nabi Idris AS. 

Menurut sejarah islam yang pernah diteliti oleh para cendikiawan muslim, Nabi Idris AS merupakan manusia pertama yang mengajarkan ilmu perngetahuan, baik itu cara bercocok tanam, menulis, merajut ataupun berhitung.

Tehnik berhitung dimulai dari menggunakan jari untuk mewakili angka hingga sistem angka yang kompleks, seperti angka Romawi ataupun Hindu dan arab. Ada beberapa catatan sejarah yang menunjukan beberapa kemungkinan awal dalam perkembangan teknik menghitung. Teknik menghitung dalam sejarah dunia yang paling tua ditemukan oleh orang-orang Sumeria yang memiliki catatan perhitungan yang menggunakan tanda gores yang pada media tanah liat. hal ini membuktikan bahwa masyarakat sumeri telah menemukan tehnik berhitung sejak 3500 tahun sebelum masehi.

Beberapa budaya kuno menggunakan tanda batu atau tanda lainya yang merepresentasikan jumlah angka tertentu. Pada abad ke 17 dan ke 18, berbagai jenis alat hitung mulai di kembangkan mulai dari Pascaline yang diciptakan oleh Blaise Pascal hingga mesin Diferensial oleh Charles Babbage, alat tersbut membantu manusia untuk mempercepat proses perhitungan.   

Setelah berkembangnya teknologi, manusia telah menemukan komputer yang bisa memudahkan manusia untuk melakukan tugas-tugas untuk memproses data hingga melakukan perhitunga yang komplek.

Perhitungan komputasional 

Dalam dunia komputer, perhitungan yang menggunakan komputer disebut juga dengan "Komputasi" atau "perhitungan komputasional". tehnik komputasi ini dapat mencakup segala jenis proses matematika ataupun logika yang dilakukan oleh komputer. mulai dari perhitungan yang sangat sederhana hingga perhitungan-perhitungan yang sangat komplek seperti analisis data  dan pemodelan matematika. 

Berikut ini merupakan beberapa jenis perhitungan yang sangat umum untuk dilakukan menggunakan komputer :

Perhitungan Numerik 

Perhitungan numerik ini bisa melibatkan manupulasi angka atapun operasi matematika pada data numerik, seperti contoh : Penjumlahan, Pengurangan, perkalian, pembagian dan operasi matematika lainnya yang dalam proses nya sendiri menggunakan algoritma matematis yang diterapkan pada perangkat lunak komputer untuk menyelesaikan masalah yang melibatkan perhitungan numerik yang melibatkan perhitungan serta manipulasi angka menggunakan metode komputasi.

Adapun perhitungan yang komplek yang bisa dilakukan oleh perhitungan numerik yang bisa dilakukan oleh komputer adalah : Simulasi ilmiah yang bisa menyelesaikan permasalahan difrensial, model fisika atau masalah matematika lainnya. dan banyak lagi yang lainnya.

 Analisis Statistik

Mengacu pada penggunaan perangkat lunak dan algoritma komputer yang digunakan untuk menganalisis data statistik yang mencakutp berbagai tehnik statistik yang diterapkan dengan mengunakan komputer. kegunaan nya ialah untuk memahami, menafsirkan dan membuat kesimpulan dari data.

Simulasi 

Proses pemodelan dan penggunaa komputer unuk memproses ulang prilaku dari sistem nyata ataupun teoritis. Proses ini melibatkan pembuatan model matematika ataupun fisika dari sistem yang diinginkan, dan penggunaan komputer untuk mensimulasikan prilaku sistem tersebut kedalam berbagai kemungkinan situasi dan kondisi yang mungkin terjadi. seperti : simulasi sistem fisik, simulasi proses manufaktur, simulasi lingkungan dan lain sebagainya.

Dan ini hanya beberapa contoh dari berbagai perhitungan yang dapat dilakukan menggunakan komputer

Semoga bermanfaat.


Lihat Juga :

Memahami Perintah cd pada Sistem Operasi Linux (Termux)

Pengertian Perintah ls Didalam Sistem Linux (Termux)

Memahami Perintah less pada sistem operasi linux (termux)


Subscribe to receive free email updates: