Tutorial Linux : "History" perintah Dasar Untuk Menampilkan Daftar Perintah Yang Pernah Diketikan

 Tutorial Linux : "History" perintah Dasar Untuk Menampilkan Daftar Perintah Yang Pernah Diketikan

Setelah sekian banyak perintah yang anda tuliskan di dalam shell Linux, tentu anda ingin menggunakannya lagi untuk keperluan yang sama. pada sistem linux terdapat sebuah perintah untuk menampilkan perintah yang penah anda ketikan sebelum nya, perintah ini di sebut : 

$ history

Perintah history akan menampilkan daftar perintah yang pernah anda ketikan sebelum nya, dan hal ini memungkinkan anda untuk menggunakan kembali perintah yang terdapat didalam di dalam daftar yang di tampilkan oleh perintah history, 

Lihat : Install termux (emulator linux untuk android)

Dan untuk menggunakan kembali perintah yang telah anda ketikan sebelumnya, anda cukup menekan tombol panah atas pada keyboard. 

Jika perintah terakhir yang anda ketikan adalah "cat file2" dan anda ingin menggunakan nya lagi, anda cukup mengetikan (!!) pada keyboard maka secara otomatis pperintah terakhir yang anda gunakan akan ditampilkan, dan untuk menggunakan nya anda cukup menekan tombol enter. 

Lihat : Memahami Perintah cd pada Sistem Operasi Linux (Termux)

Shortcut lainnya pada perintah history adalah (ctrl-R) atau (ctrl+r. shortcut ini akan menampilkan daftar history perintah secara terbalik. untuk menggunakan  nya anda cukup mengetikan huruf awalan dari perintah yang pernah anda ketikan sebelumnya. seperti contoh gambar di bawah ini.


Lihat : Pengertian Perintah ls Didalam Sistem Linux (Termux)

Setelah semua pekerjaan yang ada lakukan di dalam shell linux, tentu saja banyak perintah yang telah anda ketikan maka akan membuat layar shell anda penuh dengan perintah, Dan uintuk membersihkan layar anda dari semua perintah tersebut, maka anda cukup mengetikan perintah : 

$ clear

Perintah tersebut akan membersihkan seluruh layar shell anda.

Lihat : Pengertian Perintah cat untuk melihat konten file di Sistem Linux

Fungsi TAB

Fungsi tambahan yang sangat berguna sekali  yang bisa di gunakan dalam sistem operasi linux yaitu TAB, tombol ini berguna apabila anda mengetikan sebuah perintah  yang tidak lengkap seperti ketika anda ketikan perintah "clear" dengan "cle" maka ketika anda menekan tombol TAB, maka secara otomatis perintah tersebut akan secara otomatis dilengkapi, maka anda tinggal menekan tombol "Enter".

itulah beberapa perintah linux dan fungsi tombol dalam sistem operasi Linux.

Lihat : Pengertian Perintah cat untuk melihat konten file di Sistem Linux

Semoga Bermanfaat...

 


Subscribe to receive free email updates: