Tutorial Linux : Alat Untuk Mengetahui Fungsi Dari Perintah Yang Ada Di Linux

Linux merupakan sistem operasi yang memiliki beberapa alat bawaan yang bisa membantu anda untuk menggunakan perintah ataupun memeriksa tanda apa saja yang tersedia  untuk suatu perintah. salah satu alat yang bisa kita gunakan adalah "help ".

Lihat : Install termux (emulator linux untuk android)

Pada lingkungan linux, perintah "help" adalah perintah bawaan yang memberikan informasi tentang perintah atau topik tertentu. Dengan kita mengetikan perintah "help" dengan nama perintah ataupun suatu topik maka sistem  menampilkan informasi yang terkait dengan  perintah tersebut.


Seperti contoh ketika anda ingin mengetahui cara menggunakan perintah "cd" (current directory), maka anda bisa mengetikan perintah "help" di ikuti nama perintah yang ingin anda ketahui fungsi dan cara menggunakan nya, dalam hal ini adalah perintah "cd".

$ help echo
Dengan mengetikan perintah diatas, maka sistem secara otomatis menampilkan bagaimana cara menggunakan perintah "cd" serta  rincian opsi yang tersedia disertai penjelasan singkat tentang fungsi-fungsi nya, seperti contoh gambar dibawah ini. 


Untuk program lain, biasanya memiliki opsi yang disebut "--help" atau yang sejenisnya.


Perintah "help" biasanya memiliki beberapa contoh penggunaan dari  suatu perintah yang ingin kita dapatkan informasinya,  perintah "help " ini adalah alat yang berguna untuk belajar tentang perintah-perintah yang tersedian didalam sistem linux.

Semoga bermanfaat.


Lihat Juga : 








 


Subscribe to receive free email updates: