Tutorial Linux : Perintah Untuk Menghapus File Ataupun Direktori

 Setelah kita telah membuat banyak file yang telah kita pelajari cara membuatnya, tentu saja itu akan membuat kita bingung dengan yang telah terjadi, pada kesempatan kali ini kita akan belajar perintah linux untuk menghapus file dengan perintah "rm" dari singkatan kata (remove). perintah "rm" ini bisa digunakan untuk menghapus file ataupun direktori.

Lihat : Install termux (emulator linux untuk android)

kita coba untuk menghapus file yang bernama "file1" edengan menggunakan perintah "rm".

Sebelum menggunakan perintah "rm", pastikan anda benar-benar menuliskan nama file yang ingin anda hapus dengan benar, karna didalam sistem, tidak di sediakan tempat sampah sementara yang bisa mengembalikan file yang telah anda hapus. 

Lihat : Memahami Perintah cd pada Sistem Operasi Linux (Termux)

Untuk mengatasi hal itu, ada beberapa langkah keamanan yang bisa anda terapkan sebelum mengetikan perintah "rm", sehingga anda tidak bisa menghapus beberapa file penting. File yang dilindungi penulisan akan meminta konfirmasi  anda sebelum menghapus nya.

Lihat : Pengertian Perintah ls Didalam Sistem Linux (Termux)

Dan apabila anda menganggap beberapa file yang anda akan hapus itu bukan merupakan file penting  anda dapat menggunakan perintah "rm" dengan "flag -f". seperti contoh :

$ rm -f file2

Flag -f atau force yang ditulis  setelah perintah "rm" merupakan perintah yang menugaskan "rm" untuk menghapus semua file, baik file  yang dilindungi penulis ataupun tidak tanpa harus meminta izin pengguna.

Lihat : Memahami Perintah less pada sistem operasi linux (termux)

Jika anda menambahkan flag -i setelah perintah "rm" , maka itu merupakan peintah yang akan memberikan anda konfirmasi apakah anda akan benar-benar ingin menghapus file atau direktori tersebut.

$ rm -i file

dan untuk menghapus sebuah direktori yang berisikan banyak file, anda bisa menggunakan perintah "rm" anda bisa menambahkan flag -r  (rekursif) untuk menghapus semua file dan sub-direktori  dan apapun yang ada didalamnya  

$ rm -r directory

anda bisa menghapus direktori dengan perintah : 

$ rmdir directory

semoga artikel ini bermanfaat .


Lihat Juga :

Pengertian Perintah cat untuk melihat konten file di Sistem Linux

Tutorial Linux : "History" perintah Dasar Untuk Menampilkan Daftar Perintah Yang Pernah Diketikan

Tutorial Linux : "mv (move)" perintah Dasar Untuk Memindahkan File Ataupun Direktori

Tutorial Linux : Cara Mudah Membuat Directory Baru Menggunakan Comment Line 



Subscribe to receive free email updates: