Tutorial Linux : "cp (copy)" perintah Dasar Untuk Menyalin File Ataupun Direktory

 Tutorial Linux : "cp (copy)" perintah Dasar Untuk Menyalin File Ataupun Direktory 

Pada artikel sebelumnya kita telah mengetahui beberapa perintah tentang navigasi didalam sistem linux, kali ini kita akan belajar perintah dasar linux untuk mengcopy sebuah file dalam sistem oprasi linux. 

cp (copy) 

Perintah yang akan kita pelajari saat ini adalah perintah "cp" ini merupakan singkatan dari "copy", perintah ini hampir sama  fungsi nya dengan sistem operasi lain, yang itu untuk membuat salinan dari sebuah file . didalam sistem shell linux, perintah ini merupakan cara sederhanan untuk membuat salinan suatu file.

Lihat : Install termux (emulator linux untuk android)

Lihat : Memahami Perintah cd pada Sistem Operasi Linux (Termux)

jika didalam sistem linux anda terdapat sebuah file yang bernama "newfile1" yang berada di dalam sebuah direktory "home", kemudian anda ingin menyalin file tersebut kedalam direktory "document" maka anda dapat mengetikan perintah "cp" kemudian [spasi] lalu diikuti dengan path atau jalur dari direktory "document" berada dengan cara :

$ cp newfile1 /home/document

" newfile1" merupakan nama file yang ingin anda salin, dan "/home/document" merupakan path atau jalur, sedangkan "/document" merupakan nama directory yang ingin anda tuju.

Lihat : Pengertian Perintah ls Didalam Sistem Linux (Termux)

Selain itu anda dapat menyalin banyak file atau directory dengan menggunakan wildcard, wildcard itu sendiri merupakan karakter yang dapat menggantikan pilihan berdasarkan pola. dan hal ini dapat memberikan anda banyak  fleksibilitas dalam suatu pencarian. anda dapat menggunakan wildcard di setiap perintah "cp" untuk mendapatkan fleksibilitas lebih, berikut adalah beberapa wildcard yang dapat anda terapkan  pada perintah "cp":

-    * (wildcard dari wildcard) : digunakan untuk mewakili semua karakter tunggal atau string apapun.

-    : digunakan untuk mewakili satu karakter.

-    []  : digunakan untuk memwakili karakter apapun yang ada didalam tanda kurung.

Lihat : Memahami Perintah less pada sistem operasi linux (termux)

coba perhatikan perintah berikut ini :

$ cp *.jpg /home/Gambar

Perintah diatas digunakan untuk menyalin semua file yang memiliki ekstensi ".jpg" di dalam direktory anda saat ini dan menyalin nya kedalam direktory "/gambar".

Lihat : Pengertian Perintah cat untuk melihat konten file di Sistem Linux

Ada juga "fleg-r", perintah ini dapat menyalin file dan direktory di dalam ddirektory secara rekursif, seperti contoh :

$ cp -r gambar/ /home/Dokumen

Peintah diatas menjalaskkan bahwa kita akan mengcopy seluruh file yang berada didalam direktory "gambar" kemudian menyalinnya kedalam direktory "Dokumen".

Yang sangat harus anda perhatikan adalah, jika anda ingin menyalin sebuah file kedalam direktory yang memiliki nama file yang sama, maka file tersebut akan ditimpa dengan file yang akan anda salin tanpa notifikasi atau pemberitahuan apapun yang akan muncul. dan untuk mengatasi hal tersebut, anda dapat menambahkan "flag -i"  pada saat anda mengetikan perintah "cp",  seperti perintah berikut : 

$ cp -i file2 /data/data/com.termux/files/home/document

apa bila anda mencoba mengetikan perintah di atas , maka akan tampil notifikasi yang akan memberitahukan anda apa bila terdapat nama file yang sama di dalam direktory "/document" tersebut seperti contoh gambar di bawah ini :



Semoga Bermanfaat ....

Lihat : Tutorial Linux : "History" perintah Dasar Untuk Menampilkan Daftar Perintah Yang Pernah Diketikan




 

Subscribe to receive free email updates: